Selasa, 07 Agustus 2012


ABSTRAK
ABSTRAK 
YUSUF JATNIKA. NIM 5845100. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa (Studi Eksperimen Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Cikijing). Skripsi. Cirebon : Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati, Juni 2012.

            Salah satu standar kompetensi lulusan dalam pembelajaran matematika menurut Permendiknas no. 22 tahun 2006 adalah mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain. Komunikasi matematika dalam pembelajaran matematika yang dimaksud adalah penyampaian pesan dimana pesan tersebut berupa konsep-konsep matematika. Pembelajaran matematika pada umumnya identik dengan perhitungan menggunakan angka-angka dan rumus-rumus. Dari hal ini muncul anggapan bahwa kemampuan komunikasi matematika belum dapat dibangun pada pembelajaran matematika. Salah satu cara mengembangkan komunikasi matematika siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Salah satu pembelajaran kooperatif adalah NHT.
Penelitian ini mengambil variabel bebas pembelajaran NHT dan variabel terikat kemampuan komunikasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran NHT,  mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT, dan untuk mengetahui pengaruh positif pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran NHT terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.
Pembelajaran koopereatif tipe NHT adalah suatu model pembelajaran berkelompok, dimana dalam proses pembelajarannya setiap siswa dalam satu kelompok mendapatkan nomor masing-masing yang berbeda. Sementara kemampuan komunikasi matematika dapat dilihat dari penggunaan kata-kata, gambar, tabel, dan sebagainya; uraian pemecahan masalah atau pembuktian matematika yang menggambarkan kemampuan siswa dalam mengorganisir berbagai konsep; pengungkapan dan penjelasan verbal suatu gagasan matematika.
Penelitian ini mengambil populasi kelas VIII SMP Negeri 2 Cikijing tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 164 siswa. Sementara sampel diperoleh dengan metode cluster random sampling, dengan kelas yang digunakan adalah kelas VIII-A. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes kemampuan komunikasi matematika. Uji statistik yang digunakan adalah uji statistik parametrik.
            Respon siswa terhadap pembelajaran NHT ini didapat 75% (18 siswa) yang merespon positif. Nilai rata-rata komunikasi matematika siswa didapat 61,29, sehingga bisa dikatakan sedang. Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung > ttabel (7,865 > 1,717), sehingga hipotesis diterima bahwa terdapat pengaruh positif pembelajaran NHT terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ= 1,656X. Arah hubungan yang positif menunjukan bahwa dengan semakin tinggi tingkat pemahaman pembelajaran NHT, maka semakin meningkat pula kemampuan komunikasi matematikanya.   

Kata Kunci : Komunikasi matematika, NHT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar