YUSUF JATNIKA. NIM 5845100. Pengaruh
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa (Studi Eksperimen Di Kelas VIII
SMP Negeri 2 Cikijing). Skripsi. Cirebon : Fakultas Tarbiyah, Tadris
Matematika, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati, Juni 2012.
Salah
satu standar kompetensi lulusan dalam pembelajaran matematika menurut
Permendiknas no. 22 tahun 2006 adalah mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain. Komunikasi matematika dalam pembelajaran matematika yang dimaksud
adalah penyampaian pesan dimana pesan tersebut berupa konsep-konsep matematika.
Pembelajaran matematika
pada umumnya identik dengan perhitungan menggunakan angka-angka dan rumus-rumus.
Dari hal ini muncul anggapan bahwa kemampuan komunikasi matematika belum dapat
dibangun pada pembelajaran matematika. Salah
satu cara mengembangkan komunikasi matematika siswa adalah dengan menerapkan
model pembelajaran kooperatif. Salah satu pembelajaran kooperatif adalah NHT.
Penelitian ini mengambil variabel bebas
pembelajaran NHT dan variabel terikat kemampuan komunikasi matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model
pembelajaran NHT, mengetahui kemampuan
komunikasi matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT, dan untuk
mengetahui pengaruh positif pembelajaran matematika dengan menerapkan model
pembelajaran NHT terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.
Pembelajaran koopereatif tipe NHT adalah suatu
model pembelajaran berkelompok, dimana dalam proses pembelajarannya setiap
siswa dalam satu kelompok mendapatkan nomor masing-masing yang berbeda. Sementara
kemampuan komunikasi matematika dapat dilihat dari penggunaan kata-kata,
gambar, tabel, dan sebagainya; uraian pemecahan masalah atau pembuktian
matematika yang menggambarkan kemampuan siswa dalam mengorganisir berbagai
konsep; pengungkapan dan penjelasan verbal suatu gagasan matematika.
Penelitian ini mengambil populasi kelas VIII
SMP Negeri 2 Cikijing tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 164 siswa. Sementara sampel diperoleh dengan
metode cluster random sampling, dengan kelas yang digunakan adalah kelas
VIII-A. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes kemampuan komunikasi
matematika. Uji statistik yang digunakan adalah uji statistik parametrik.
Respon siswa terhadap pembelajaran NHT ini didapat 75% (18
siswa) yang merespon positif. Nilai rata-rata komunikasi matematika
siswa didapat 61,29, sehingga bisa dikatakan sedang. Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung
> ttabel (7,865 > 1,717), sehingga hipotesis diterima bahwa
terdapat pengaruh positif pembelajaran NHT terhadap kemampuan komunikasi
matematika siswa. Persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ= 1,656X. Arah hubungan yang positif menunjukan bahwa dengan semakin
tinggi tingkat pemahaman pembelajaran NHT, maka semakin meningkat pula
kemampuan komunikasi matematikanya.
Kata Kunci : Komunikasi matematika, NHT
Download skripsi penuh :
http://www.4shared.com/office/CmrzPcUr/SKRIPSI_YUSUF_JATNIKA__5845100.html?
http://www.4shared.com/office/CmrzPcUr/SKRIPSI_YUSUF_JATNIKA__5845100.html?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar